TOP CARS

Minggu, 01 Januari 2012

Apakah Pendidikan Sekolah Gratis Itu Memang Baik ?


Ini Dia Dampak Negatif Pendidikan Sekolah Gratis



REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO - Pengamat Sosial dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Funco Tanipu, menilai program pendidikan sekolah gratis di Indonesia sebenarnya juga memiliki beberapa dampak negatif.
Menurut dia, salah satunya adalah setiap sekolah kurang dapat berkembang karena biaya operasional sekolah sangat tergantung dari bantuan pemerintah.
"Di samping itu, orangtua tidak dapat menuntut banyak karena merasa telah mendapatkan kemudahan melalui pendidikan gratis," kata dia, Jumat, di Gorontalo, (30/12).
Dia menambahkan, dampak negatif lainnya adalah peluang terjadinya penyelewengan dana jika kurangnya pengawasan yang ketat, seperti banyak kasus yang terjadi di sejumlah daerah.
Meski begitu diakuinya, banyak efek positif dari program sekolah gratis, seperti meratanya pendidikan di Indonesia, meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia serta mengurangi tingkat pengangguran.
Jalan lain yang bisa ditempuh untuk mencapai mutu pendidikan tanpa program sekolah gratis adalah, memberlakukan sistem subsidi silang. "Pendidikan gratis yang bermutu juga perlu disesuaikan dengan kondisi setempat," ujarnya.
Dia mengatakan, untuk memajukan pendidikan membutuhkan biaya yang sangat mahal, namun peran masyarakat, pihak swasta, dan seluruh elemen yang ada, akan mampu mewujudkan keberhasilan pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More